-->
Penyebab Vape / Rokok Elektrik Meledak

Penyebab Vape / Rokok Elektrik Meledak

Penyebab Utama Vapor Meledak - Vapor merupakan sebutan lain dari rokok elektrik yang saat ini sedang populer digunakan oleh perokok terutama kalangan perokok pemuda. Sama halnya seperti barang elektronik lainnya, vaporizer menggunakan baterai sebagai sumber tenaga agar dapat digunakan. Hal inilah yang membuat rokok elektrik sangat berbeda dengan rokok biasanya yang hanya menggunakan bara api sebagai tenaga panas. Vaporizer memiliki empat komponen penting yaitu MOD, Baterai, Liquid serta Automizer. Keempat komponen ini tidak dapat untuk dipisahkan satu sama lain karena merupakan komponen utama dari sebuah rokok elektrik.

Penyebab Vape / Rokok Elektrik Meledak

Beberapa bulan belakangan ini kita seringkali mendengar kabar maupun berita yang kurang enak yaitu vapor yang meledak ketika sedang digunakan atau saat sedang proses charging. Peristiwa ini akhirnya memicu beberapa pertanyaan bagi para vapers maupun keluarga para vapers, Apakah vaporizer dapat meledak? Apa penyebab utama vaporizer meledak?, Dan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan tersebut maka alangkah baiknya terlebih dahulu kita harus mempelajari secara lebih dalam mengenai vaporizer.

Penyebab Utama Vape/MOD Meledak

Sama halnya seperti barang elektronik lainnya yang menggunakan baterai, vapor juga berpotensi meledak jika mengalami kerusakan dan tidak segera untuk ditangani. Contohnya seperti pada kasus baterai vapor yang terlalu kepanasan karena proses charging dan secara bersamaan dilakukan aktivitas vaping. Hal ini sangatlah berbahaya karena dapat menjadi faktor utama penyebab vapor meledak. Dampak yang dihasilkan oleh ledakan vaporizer ini juga tidak tanggung-tanggung karena efek ledakannya sama seperti ledakan petasan. Bayangkan saja ketika sedang melakukan vaping anda sedang menghisap bom waktu yang siap meledak kapan saja. Karena hal inilah yang menyebabkan orang masih sering berpikir dua kali untuk beralih menggunakan rokok elektrik.

Penggunaan vaporizer dan rokok biasa memanglah sangat jauh berbeda, jika rokok biasa menggunakan tenaga panas dari bara api untuk mengubah tembakau menjadi asap. Maka vaporizer menggunakan panas yang dihasilkan automizer untuk mengubah liquid menjadi kepulan uap. Sensasi yang didapatkan pun juga tidak kalah dengan rokok biasa pada umumnya. Liquid sendiri merupakan cairan yang terdiri dari vegetable glyserine, propylene glycole, dan perisa. Namun karena semakin populernya penggunaan vapor akhirnya banyak produsen liquid menambahkan kada nikotin dan tar sebagai bahan tambahan liquid.

Penyebab Utama Vapor Meledak

Kita dapat mengambil beberapa kesimpulan dari pernyataan diatas tadi bahwa penggunaan vaporizer ternyata tidak seaman yang kita kira kerena vaporizer juga dapat rusak serta meledak seperti halnya barang elektronik lain. Terdapat 3 faktor utama yang menjadi penyebab vapor meledak yaitu faktor dari pengguna, faktor kerusakan vaporizer, serta faktor salah pemakaian.

1. Faktor Dari Pengguna

Penyebab Vape / Rokok Elektrik Meledak

Faktor pengguna atau sering disebut dengan Human Error merupakan faktor pertama yang bisa menjadi penyebab utama vapor meledak karena pada dasarnya keselamatan serta keamanan seorang vapers ditentukan oleh pengguna vapor itu sendiri. Seperti yang kita ketahui atomizer merupakan komponen penghasil panas yang bisa mengubah liquid menjadi uap. Namun beberapa vaper pada umumnya masih merasa kurang puas karena uap vapor yang dihasilkan kurang banyak. Akhirnya mereka memilih jalan untuk memodifikasi vaporizer yang mereka miliki dengan cara mengganti lilitan kawat coil sehingga menjadikan arus masuk semakin tinggi serta uap vapor yang dihasilkan semakin banyak. Sebenarnya cara ini sangat dilarang dan sangat direkomendasikan karena dianggap berbahaya, kecuali jika kamu ingin mengikutin kompetisi cloud chase.


2. Faktor Kerusakan pada Vaporizer

Penyebab Vape / Rokok Elektrik Meledak

Kerusakan utama kedua yang dapat menyebabkan sebuah vapor meledak adalah bocornya baterai pada vapor. Jika baterai pada vape bocor dan tidak segera diganti maka ion ion pada baterai akan keluar. Ion inilah yang nantinya akan menyebabkan vapor meledak. Jika dirasa baterai vapor anda telah bocor, maka hentikanlah aktivitas vaping anda sementara waktu dan perbaiki vaporizer anda dengan cara mengganti baterai baru yang dikhususkan untuk vape.


3. Faktor Penggunaan

Penyebab Vape / Rokok Elektrik Meledak

Faktor penggunaan disini maksudnya adalah aktivitas vaping yang dilakukan bersamaan dengan proses charging. Umumnya para vaper pemula tidak sabaran dalam menggunakan vaporizer mereka, pada setiap pembelian unit vaporizer umumnya akan disertai dengan manual book atau buku petunjuk penggunaan. Namun buku petunjuk ini sering kali diabaikan oleh para vaper pemula padahal didalam buku ini terdapat informasi lengkap mengenai cara menggunakan vapor yang benar dan aman.


aktivitas vaping yang dilakukan bersamaan dengan proses charging tentunya dapat membuat baterai mengalami peningkatan suhu. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka lambat laun baterai akan mengalami kebocoran. Hal inilah yang menjadi penyebab utama vaporizer meledak ketika dipakai. Dapat dibayangkan bukan ketika sedang asik menghisap vapor tiba-tiba vapor tersebut meledak di wajah kita?

Demikianlah artikel singkat mengenai faktor atau penyebab utama vapor meledak, Semoga bermanfaat bagi kita terutama para vapers pemula, dan untuk anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai vapor jangan lupa selalu kujungi blog Lampung Vape, apabila teman teman ada pertanyaan mengenai vape apapun itu jangan sungkan untuk berkomentar melalui kolom dibawah ini, Terima Kasih.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment